Habis-habisan Dede Sunandar Nyaleg Cuma Dapat 10 Suara

Bandung – Dari 36.32% data perolehan suara yang dikumpulkan oleh KPU sampai Senin (19/2/2024) pukul 17.00 WIB, Dede Sunandar baru mengantongi 10 suara untuk mengantarnya ke kursi DPRD.

Seperti diketahui, Dede menjadi salah satu komedian yang maju nyaleg untuk DPRD Kota Bekasi Dapil 5 Bekasi Barat. Ia menjadi perwakilan dari Partai Perindo dengan nomor urut 3.

Namun sejauh ini, perolehan suaranya tak begitu moncer. Masih ada beberapa caleg dari partai lain yang memperoleh ratusan suara. Pun antar sesama pelawak, nasib Dede tak semujur Komeng yang mendapat sejuta lebih suara DPD RI dapil Jawa Barat.

Jika Komeng jadi pusat perhatian hanya dari pose nyeleneh di surat suara Calon DPD RI dapil Jabar, Dede sudah keluar habis-habisan demi memodali karir politiknya. Dalam YouTube Bukan Umbar Janji Trans7, Dede blak-blakan rela jual dua mobil demi modal maju nyaleg.

“Mobil (sekarang) satu, keluar dua. Udah dua mobil dijual, tinggal satu lagi nih. Jangan (dijual), udeh itu buat kendaraan saya kan kemana-mana. Tapi nggak pernah ada penyesalan. Kalo nggak terpilih nggak apa-apa, kan ada pembelajaran dari situ,” katanya pada Andre Taulany dan Kiki Saputri sebagai pembawa acara.

“Yang bisa kita ambil, gimana caranya kita bisa turun ke bawah ketemu sama masyarakat, keluhannya apa. Terus apakah nanti bakal disampaikan lagi ke atasannya. Contoh, saya di Bekasi ada warga yang sakit atau apa, banyak contoh yang kayak gitu lah. Kalo ada duit pribadi saat itu ya bantu, jangan nunggu duitnya dari mana,” tambah Dede.

Dalam tayangan YouTube tersebut, Dede juga menceritakan apa yang menjadi motivasinya untuk nyaleg. Pada Andre, ia mengaku terinspirasi dari Presiden RI ke-7, Joko Widodo.

“Awal mula nyaleg melihat politikus jaman dulu. Kayak pak Jokowi dari walikota, nah itukan ada tahapannya. Jadi harus belajar dulu kan,” ucap Dede yang kemudian dilanjut dengan candaannya.

Keluar modal besar demi kursi politik, membuat banyak artis khawatir dengan kondisi kejiwaan Dede. Bagaimana jika Dede tak lolos nyaleg?

Tim detikHot mengutip perbincangan Dede dengan Raffi Ahmad dalam program FYP di Trans7. Ia menegaskan bahwa dirinya siap kalah dan tak khawatir depresi jika gagal. Dede malah dengan santai menjadikannya candaan, seolah apapun yang terjadi memang Dede sudah stres.

“Kalau dibilang, ‘Sudah siap?’ Harus udah siap. Walaupun nanti terjadi apa-apa harus sudah siap. Sudah stres a…,” ucap Dede di akhir kalimat diselingi candaan. Ia berseloroh bahwa sekarang saja, dirinya sudah stres.

Dede pasrah sekaligus percaya dengan restu sang istri, meski mulanya sempat tidak setuju. “Pertama, ‘Ngapain si Pa? Kan sudah enak jadi artis yang bulanannya keliatan’. Dede coba jelasin, ‘Nggak Ma nanti gini, gini, gini’. Ya sudah terserah kamu saya sebagai istri mendoakan saja,” kata Dede menirukan ucapan sang istri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*