Penyebar QRIS Palsu Ditangkap, Istiqlal-Bintaro Satu Pelaku

Pembeli membayar belanjaanya dengan menggunakan aplikasi pembayaran digital QRIS (QR Code Indonesian Standard) untuk transaksi dagang di pasar Badung, Denpasar, Bali, Selasa, (30/8/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

QRIS palsu ditemukan pada sejumlah kotak amal masjid di kawasan Jakarta Selatan hingga Masjid Istiqlal. Pihak kepolisian telah berhasil menangkap pelaku yang diduga menempelkan QRIS bodong tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengonfirmasi penangkapan tersebut. Namun dia tidak menjelaskan secara detail sosok pelaku.

Trunoyudo hanya menjelaskan pelaku di sejumlah masjid Jakarta Selatan sama dengan yang di Masjid Istiqlal. “Iya satu pelaku dan orang yang sama,” ujarnya, dikutip dari┬áDetik.com, Selasa (11/4/2023).

Sebelumnya, video merekam pria yang mengganti QRIS pada kotak amal di masjid kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Video itu langsung viral di media sosial.

Video memperlihatkan seorang pria dengan kemeja biru dan celana panjang mendetakti sebuah kotak amal. Dia terlihat membawa sebuah kertas stiker.

Pria itu lalu terlihat menempelkan stiker ke kotak amal. Dari tulisan yang beredar, stiker tersebut diduga QR Code dan sengaja menempelkannya pada kotak amal.

“Modus penipuan baru, ada oknum yang nempel stiker QRIS di kotak-kotak infak masjid. Ini kejadian di Nurim Blok M Square di tempel hari Kamis, 6 April, baru ketahuan pagi ini 9 April,” narasi yang menyertai video itu.

Polres Metro Jakarta Selatan juga mengungkapkan hal itu jadi modus baru penipuan. Menurut pihak kepolisian, pelaku berusaha meniru QR Code yang ada pada kotak amal.

“Kami menyampaikan bahwa benar, telah terjadi dugaan penipuan kami sampaikan dengan modus baru, yaitu mengambil atau mencoba meniru kode batang yang ada pada kotak amal di tempat ibadah atau masjid pada tanggal 10 April 2023,” kata Kasat Reskrim Kompol Irwandhy Idrus pada wartawan di Polres Jaksel, Senin (10/4/2023).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*